Apa itu AAOIFI?

Logo AAOIFI

Mengenal AAOIFI

AAOIFI adalah Accounting and Auditing Organization for Islamic Financial Institutions, atau Hay’ah al Muhaasabah wal Muraaja’ah lil-Mu’assasaati al-Maaliyah al-Islamiyah.

AAOIFI didirikan pada tahun 1991 di Bahrain, sebagai lembaga nirlaba internasional yang bergerak di bidang pengembangan dan penerbitan standar untuk industri lembaga keuangan syariah internasional.

AAOIFI telah menerbitkan sekitar 100 standar syariah, akuntansi, audit, etika, dan tata kelola (governance) untuk lembaga keuangan syariah internasional.

AAOIFI didukung oleh banyak sekali lembaga anggota lebih dari 45 negara di dunia yang terdiri atas bank sentral dan otoritas pemerintahan, lembaga keuangan, lembaga audit (accounting and auditing firm), serta firma hukum (law firm).

Tujuan dibentuknya AAOIFI

Dengan aturan dan prinsip syariah, diantara tujuan dibentuknya AAOIFI adalah sebagai berikut:

  1. Mengembangkan standar akuntansi, audit, tata kelola (governance), standar etika yang berkaitan dengan lembaga keuangan syariah dengan mempertimbangkan standar dan praktek internasional yang sesuai dengan aturan syariat Islam.
  2. Harmonisasi kebijakan dan prosedur akuntansi yang diadopsi oleh lembaga keuangan syariah melalui penyusunan dan penerbitan standar akuntansi dan interpretasinya.
  3. Meningkatkan kualitas dan keseragaman audit dan tata kelola terkait dengan lembaga keuangan syariah melalui penyusunan dan penerbitan standar audit dan tata kelola dan interpretasinya.
  4. Mempromosikan praktek etis berkaitan dengan lembaga keuangan syariah melalui penyusunan dan penerbitan kode etik.
  5. Berusaha mencapai kesatuan dalam konsep dan aplikasi antara Dewan Pengawas Syariah seluruh dunia lembaga keuangan syariah.
  6. Menghindari perbedaan dan inkonsistensi fatwa-fatwa yang diterapkan oleh lembaga keuangan dengan menerbitkan standar syariah.
  7. Menyediakan program edukasi dan pelatihan, termasuk pengembangan profesional dalam hal akuntansi, audit, etika, syariah, dan lainnya yang berkaitan.
  8. Menyediakan sertifikasi atas kepatuhan standar AAOIFI

Menjadi Rujukan Kuat untuk Harmonisasi Praktik Keuangan Syariah

Standar yang dibuat oleh AAOIFI saat ini diikuti oleh lembaga keuangan syariah terdepan di dunia dan mengedepankan harmonisasi praktik keuangan syariah internasional.

Dengan adanya standar yang komprehensif mulai dari fatwa fikih muamalah yang dikaji oleh ulama-ulama internasional bersama praktisi dari lembaga keuangan syariah dan pemerintah, diharapkan standar syariah AAOIFI dapat menjadi rujukan kuat dan matang untuk diterapkan dalam praktik muamalah.

Lebih lagi yang disusun oleh AAOIFI bukan hanya standar syariah, tetapi juga akuntansi, audit, governance, dan lainnya sehingga penerapannya akan sesuai dengan pertimbangan dari berbagai sisi praktek keuangan syariah.

Apa saja cakupan fatwa AAOIFI? Siapa saja ulama yang berkontribusi dalam penyusunan standar syariah tersebut?

Lebih lanjut tentang Sharia Standards AAOIFI