|

Referensi/Rujukan Belajar Fikih Zakat yang Lengkap

Sebagai salah satu rukun Islam, zakat wajib dimengerti oleh setiap muslim. Umumnya, zakat yang dikenal hanyalah zakat fitrah. Padahal, ada zakat lain yang wajib dibayarkan loh, dan bahkan nilainya relatif lebih besar dari zakat fitrah yaitu zakat mal, zakat perdagangan (perusahaan), zakat pertanian, zakat peternakan, dan lainnya.

Kita memang tidak dituntut untuk mempelajari semuanya, yang penting tahu dasar-dasarnya tentang zakat. Tetapi jika kita diperkirakan sudah memenuhi ketentuan untuk zakat mal, atau zakat lainnya, dari mana kita bisa mencari rujukan menghitung zakatnya?

Syariah Wealth Management sebagai lembaga konsultasi pengelolaan harta secara syar’i juga turut melayani klien dengan masalah zakat. SWM menggunakan Shariah Standards AAOIFI No. 35 Tentang Zakat, atau dalam bahasa arab disebut “Al Ma’ayir Asy-Syar’iyyah”. Mikyar mengenai zakat ini bisa kamu download secara gratis di website AAOIFI atau klik di sini.

AAOIFI Shariah Standards No. 35

AAOIFI Shariah Standards adalah kumpulan fatwa yang disusun oleh para ulama internasional mengenai fikih muamalah kontemporer, khususnya di bidang lembaga keuangan. Kami sudah pernah membahasnya pada artikel sebelumnya. Namun, bukan hanya itu, dalam shariah standards juga membahas rinci tentang zakat, yaitu pada standar nomor 35.

Dalam mikyar ini cukup lengkap cakupannya, di antaranya adalah:

  1. Prosedur Perhitungan Zakat
  2. Ketentuan umum menghitung zakat
  3. Aset tetap (aset tidak bergerak)
  4. Aset kena zakat (yang wajib dizakati)
  5. Pengaruh utang terhadap zakat (utang yang seperti apa yang mengurangi zakat)
  6. Zakat hewan ternak, bahkan sampai siapa saja yang berhak menerima zakat.

Tersedia dalam Dua Bahasa

Mikyar ini tersedia dalam bahasa inggris dan bahasa arab. Dua bahasa ini sangat membantu ketika ada istilah yang rancu atau ragu kepastian makna yang dimaksud. Dengan demikian, kita bisa selalu crosscheck ke bahasa inggris dan bahasa arab.

Untuk mendownloadnya, Anda bisa buka halaman resminya di aaoifi.org atau di halaman kami di sini.

Layanan Konsultasi Zakat

Standar Syariah yang disediakan AAOIFI sangat praktis untuk diterapkan ke dalam bisnis Anda. Apalagi jika Anda sudah memiliki laporan keuangan, maka memungkinkan menghitung zakat secara akurat. Namun, jika Anda memerlukan bantuan, Syariah Wealth Management siap membantu Anda. Hubungi tim kami dan buat janji konsultasi di 082-12345-9661 atau klik tombol WhatsApp di bawah ini.

Similar Posts