ASSESMENT BISNIS DAN ANALISA SHARIA RISK MANAGEMENT PERUSAHAAN

Banyak diantara pengusaha muslim saat ini yang merasa usahanya telah sesuai dengan syariat. Umumnya, mereka hanya melihat apa yang diproduksinya adalah halal, brand yang syar’i, lalu menganggap bisnisnya telah syariah. Sayangnya, dengan cakupan fikih muamalah yang luas, banyak sisi-sisi bisnis dari skemanya, investasinya, operasionalnya, akad bisnisnya, masih belum sesuai dengan syariat dan masih ditemukan riba dan gharar serta kezaliman.

Hal ini disebabkan masih minimnya ilmu fikih muamalah yang dimiliki pengusaha muslim. Bahkan, kami mendapati diantara pengusaha yang telah belajar muamalah, seperti dengan mengambil kelas Ust. Erwandi Tarmizi di Sekolah Muamalah Indonesia, ketika mempraktekkan ilmu dalam bisnisnya masih terjerumus pada kesalahan-kesalahan saat diaplikasikan dalam bisnisnya. Memang dengan luasnya cakupan fikih muamalah diperlukan ketelitian dan ilmu yang cukup untuk memeriksa dan memastikan seluruh sisi bisnisnya sudah sesuai syariat.

Maka dari itu SWM menyediakan jasa penilaian yang komprehensif terhadap semua aktivitas bisnis dan manajemen perusahaan, yang didasarkan atas tinjauan syariat yang berasal dari Al-Qur’an dan Sunnah yang shohih.

Layanan ini diawali dengan melakukan review atas dokumen-dokumen bisnis perusahaan yang menyangkut core bisnis, skema dan alur kerja, serta perjanjian dan kerjasama dengan pihak ketiga. Berikutnya, dilakukan kunjungan dan metode wawancara mendalam, serta sharing-hearing bisnis dengan owner atau direksi perusahaan klien.

Hasil assessment berupa laporan komprehensif yang memuat:

  • Hasil review akad bisnis klien
  • Identifikasi masalah dan temuan-temuan yang mengarah pada pelanggaran-pelanggaran syariat
  • Solusi implementatif penyelesaian temuan-temuan pelanggaran syar’i dalam bisnis

Dengan begitu insyaallah Anda akan lebih tenang menjalani bisnis yang halal dan berkah, Demikian pula para investor muslim Anda akan lebih tenang mengamanahkan investasinya pada bisnis yang syar’i.

Jadikan assessment sebagai langkah Anda memastikan bisnis Anda telah sesuai syariat.