Konsultasi Waris

Warisan adalah perkara yang penting bagi kehidupan umat Islam. Tidak hanya untuk diri pribadi, melainkan juga untuk anak cucu Anda kelak. Meskipun penting, seringkali perihal warisan ini menimbulkan berbagai permasalahan. Tidak heran, banyak juga orang yang putus tali persaudaraannya karena hak warisan. Permasalahan utamanya biasanya karena perbedaan pendapat mengenai kesetaraan dan keadilan.

Syariah Wealth Management menawarkan analisa dan tata cara perhitungan waris yang merujuk kepada aturan syariah, sebagai berikut:

  • Analisa terhadap harta waris
  • Analisa terhadap hal pengurang waris
  • Analisa terhadap penerima harta waris  (Ashabul Furudh, Ashabah)
  • Analisa bagian yang diterima ahli waris
  • Melakukan perhitungan terhadap harta waris

Mengapa Harus ke SWM

  • Mendapatkan pendampingan pembagian harta waris yang berlandaskan kepada Al Quran dan Sunnah.
  • Dibawah pengawasan langsung oleh pakar Fiqh Muamalah Maaliyah Indonesia; Dr. Erwandi Tarmizi, Lc, MA
  • Mendapatkan detail laporan hasil analisa dan perhitungan harta waris
  • Meningkatkan keberkahan harta keluarga.
  • Meningkatkan peran keluarga dalam upaya mencapai tujuan syariah yakni penjagaan terhadap harta (hifdzu al-maal) melalui pembagian harta waris yang adil, sesuai dengan syariat Islam.

Implementasi pembagian harta waris yang sesuai dengan aturan syariah dapat dipandang sebagai indikator utama ketundukan Anda terhadap syariat Islam.

Ia merupakan ciri seorang Muslim yang selalu berkeinginan untuk menerapkan aturan Islam dalam pembagian harta waris yang di ridhoi Allah Subhaanahu wa Ta’alaa.

DALIL

“Berikanlah bagian setiap ahli waris sesuai dengan pembagian yang telah ditentukan dan jika berlebih untuk laki-laki yang paling dekat”

Muttafaqun ‘alaih

“(Hukum-hukum tersebut) itu adalah ketentuan-ketentuan dari Allah. Barangsiapa taat kepada Allah dan Rasul-Nya, niscaya Allah memasukkannya kedalam surga yang mengalir didalamnya sungai-sungai, sedang mereka kekal di dalamnya; dan itulah kemenangan yang besar (13). Dan Barangsiapa yang mendurhakai Allah dan Rasul-Nya dan melanggar ketentuan-ketentuan-Nya, niscaya Allah memasukannya ke dalam api neraka sedang ia kekal didalamnya; dan baginya siksa yang menghinakan (14).”

An-Nisa: 13-14

Syariah Wealth Management (SWM) adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang Islamic Wealth Management (IWM). IWM atau pengelolaan harta (secara) Islami adalah pengelolaan harta yang sesuai dengan prinsip Islam. Meliputi penciptaan kekayaan, akumulasi, proteksi dan distribusi yang kesemuanya dikelola dalam prinsip syariah.

Jasa analisa & perhitungan Waris adalah salah satu program SWM yang bertujuan untuk membantu Anda dalam membagi harta waris yang sesuai dengan syariat Islam, sebagaimana firman Allah Subhaanahu wa ta’alaa dalam Al Quran surat An-Nisa: 11 dan 12.