Training Fikih Muamalah

Fikih muamalah tidak hanya membahas cara pengusaha berbisnis secara syar’i, atau pedagang untuk berjualan dengan cara yang halal, melainkan seluruh aspek hubungan antar manusia Allah turunkan ilmu kepada manusia agar dapat memberikan yang terbaik kepada sesamanya dan tidak berbuat zalim. Demikianlah Allah menurunkan ilmu, baik itu aqidah, fikih ibadah (kepada Allah), dan fiqh muamalah (sesama manusia), untuk memperbaiki kualitas mereka.

قُلْ هَلْ يَسْتَوِى ٱلَّذِينَ يَعْلَمُونَ وَٱلَّذِينَ لَا يَعْلَمُونَ
Katakanlah: “Adakah sama orang-orang yang berilmu dengan orang-orang yang tidak berilmu?”

Q.S. Az-Zumar : 9

Orang yang berilmu itu mengetahui mana yang benar dan mana yang salah, menjadi orang yang berhati-hati dalam berperilaku dan senantiasa merasa diawasi oleh Allah.

 إِنَّمَا يَخْشَى اللَّهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمَاءُ إِنَّ اللَّهَ عَزِيزٌ غَفُورٌ
“Sesungguhnya di antara hamba-hamba Allah yang takut kepada-Nya hanyalah para Ulama (orang yang berilmu), sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.”

Q.S. Fathir : 28

Dengan belajar fikih muamalah, setiap orang akan memahami dengan baik mana hak dan kewajiban dalam setiap pekerjaannya, dan akan menjaga dirinya dari memakan yang bukan haknya (menzalimi orang lain) karena dia mengetahui dan takut akan azab dari Allah.

Pengusaha yang memahami fikih muamalah akan mengetahui cara-cara berbisnis yang diridhai oleh Allah dalam mengejar rezekinya.

Investor yang memahami fikih muamalah akan memilih investasi yang menguntungkan, adil, dan hartanya yang halal menjadi tumbuh dan berkah.

Karyawan yang memahami fikih muamalah akan menjalankan kewajibannya dengan baik dan amanah serta tidak bersikap yang dapat merugikan dan mengkhianati perusahaannya.

Seringkali permasalahan yang menghambat perusahaan itu bukanlah karena strateginya yang salah, atau pemimpinnya yang tidak mampu memimpin, tetapi karena para karyawan yang tidak memiliki pola pikir yang memberikan kemaslahatan terbaik untuk perusahaan. Atau bahkan mereka tidak amanah dengan kewajiban-kewajiban mereka sebagai karyawan. Sebab, mereka tidak memperhatikan muamalah mereka dan tidak memperdulikan halal-haram dan keberkahan gaji mereka.

dari Abu Hurairah, ia berkata; Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,
وَسَلَّمَ يَأْتِي عَلَى النَّاسِ زَمَانٌ مَا يُبَالِي الرَّجُلُ مِنْ أَيْنَ أَصَابَ الْمَالَ مِنْ حَلَالٍ أَوْ حَرَامٍ
“Akan datang kepada manusia suatu zaman dimana seseorang tidak peduli darimana ia mendapatkan harta, dari yang halal atau yang haram.”

HR. An-Nasa’i 4378

Syariah Wealth Management (SWM) menyediakan training fikih muamalah untuk perusahaan Anda, mulai dari jajaran direksi, investor, karyawan, maupun pihak luar yang berhubungan. Topik pelatihan dapat mencakup:

  1. Dasar-dasar fikih muamalah (mengenal riba, gharar, dan transaksi terlarang)
  2. Muamalah untuk pegawai yang amanah
  3. Pelatihan investasi syar’i dengan berbagai tingkat risiko
  4. Persiapan investasi syar’i masa pensiun
  5. Pengelolaan harta keluarga
  6. dan pelatihan muamalah lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda

Bersama SWM, jadikan perusahaan Anda bergerak dengan petunjuk Allah, meningkatkan performa dan keberkahan perusahaan Anda dengan ilmu syar’i.