Akad Syirkah adalah akad yang digunakan bagi dua orang atau lebih dalam melakukan kerjasama bisnis berupa penggabungan harta untuk dijadikan modal usaha bersama, dan/atau tenaga untuk mengelola suatu bisnis. Syirkah yang paling sering digunakan adalah Musyarakah dan Mudharabah.

Musyarakah adalah syirkah yang terdiri dari beberapa pemodal dan di antara pemodal tersebut berperan aktif (menjadi syarik aktif) dalam mengelola. Sedangkan, mudharabah adalah syirkah yang terdiri dari dua pihak, yaitu pemodal dan pengelola, sehingga pemodal dalam hal ini berperan pasif dan pengelola tidak menyetorkan modal. Ini adalah perbedaan akad syirkah musyarakah dengan mudharabah.

Untuk melihat contoh dan ilustrasi bagaimana cara menjalankan syirkah lihat artikel berikut ini.

Untuk download akad syirkah dan mudharabah, SWM menyediakan template akad syirkah dan mudharabah gratis yang dapat digunakan untuk Anda. Akad dalam format pdf dan docx dan dapat di-edit untuk menyesuaikan kebutuhan Anda. Klik di sini untuk download

SWM menyusun akad syirkah dan mudharabah berdasarkan fatwa internasional dalam Shariah Standards AAOIFI. Dalam dokumen akad yang gratis di atas, pengguna diperbolehkan mengedit untuk menyesuaikan dengan kebutuhan. Namun, SWM tidak menjamin poin-poin yang ditambahkan pengguna akan sesuai syariat atau tidak. SWM hanya menjamin kepatuhan syariat atas akad-akad yang dikonsultasikan oleh klien dan dibuat atau diperiksa oleh tim SWM.

Informasi layanan pembuatan akad syirkah, konsultasi akad, dan review akad agar sesuai dengan syariah, hubungi SWM melalui Whatsapp di nomor 082-12345-9661 atau klik ikon WA di bawah ini.