1. Tentukan bisnis yang akan diinvestasikan
    1. Pahami kelebihan dan kekurangan bisnis
    2. Risiko yang berbeda-beda
    3. Periksa Kepatuhan Syariatnya
    4. Kenali Profil Pengelola <<
    5. Keuntungan dan BEP (Titik Impas)
    6. Rencana Strategis Syirkah
  2. Negosiasi dengan pengelola
  3. Mempersiapkan modal
  4. Akad syirkah

D. Profil Pengelola

Dalam bersyirkah, sangat penting bagi investor untuk mengamanahkan hartanya kepada orang yang tepat. Tentu kita tidak menitipkan barang yang berharga, apalagi uang tabungan, kepada orang sembarangan.

Pengelola atau CEO umumnya memiliki karakter yang karismatik, pandai bicara, dan meyakinkan. Namun, investor harus tetap berpikir kritis dan objektif dalam menilai karakter pengelola.

Pertama, tanyakan tentang agamanya. Apakah ia memiliki keimanan dan tauhid yang kuat? Seseorang yang memiliki tauhid, tidak akan berani berbuat curang dan zalim, karena dia akan merasa diawasi oleh Allah meskipun tidak ada manusia yang mengetahuinya. Seseorang yang beriman kepada Allah, akan memiliki sikap pekerja keras dan optimis, sebagaimana konsep ikhtiar dan tawakkal, meskipun perusahaan di kondisi sulit. Ia tidak akan mengandalkan dirinya sendiri, melainkan terus berdoa kepada Allah dalam menjalankan bisnisnya.

Kedua, tanyakan tentang rekam jejaknya. Apa pengalamannya sebelum bisnis ini? Apakah pernah memimpin sebuah perusahaan sebelumnya? Bagaimana ia mengelola perusahaan tersebut? Apakah ia memiliki ilmu dan pengalaman di bidang yang saat ini dijalani? Apakah saat ini sedang bekerja atau memimpin perusahaan lain?

Ketiga, periksa reputasinya. Karakter apa yang dikenal oleh kawan dan lawannya?

SWM pernah mendapati sebuah kasus dengan akad mudharabah. Mudharib/pengelola ini memimpin beberapa perusahaan (di bidang yang sama), investor pun tahu hal itu. Bisnis berjalan dengan baik, tetapi pada masa-masa sulit, masalah pun datang. Apalagi pada masa pandemic COVID-19. Mudharib ketahuan menggunakan uang dari syirkah dengan investor ini, untuk keperluan bisnisnya yang lain tanpa seizin investor.

Bagi yang belajar syirkah, kita tahu apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan, dan berharap pengelola syirkah akan mengikuti syariat ini. Namun, bagi yang sudah pernah bersyirkah, realitanya tidak selalu sesuai dengan teorinya. Masalah-masalah dalam syirkah, pelanggaran-pelanggaran itu kerap terjadi.

Bahkan, SWM menyediakan layanan khusus untuk menyelesaikan sengketa syirkah ini, hubungi admin kami jika Anda memerlukannya sewaktu-waktu.

Butuh konsultasi tentang rencana syirkah, atau ada masalah dengan syirkah saat ini? Hubungi SWM via WhatsApp untuk buat jadwal konsultasi syirkah bersama SWM di 082-12345-9661

#IngatSyirkah #IngatSWM