1. Tentukan bisnis yang akan diinvestasikan
    1. Pahami kelebihan dan kekurangan bisnis
    2. Risiko yang berbeda-beda
    3. Periksa Kepatuhan Syariatnya
    4. Kenali Profil Pengelola
    5. Keuntungan dan BEP (Titik Impas) <<
    6. Rencana Strategis Syirkah <<
  2. Negosiasi dengan pengelola
  3. Mempersiapkan modal
  4. Akad syirkah

F. Rencana Strategis Syirkah Harus Jelas

Ini termasuk hal yang sangat penting. Apa rencana strategis yang dijalankan perusahaan ini 5 tahun kedepan? atau 1 tahun kedepan? atau paling tidak, Mau digunakan untuk apa uang modal yang baru saja Anda setorkan ini?

Pengelola harus mampu membuat rencana pengembangan perusahaan ini, khususnya dengan bertambahnya modal karena syirkah. Dengan disetorkannya modal syirkah, dapat meningkatkan kapasitas produksi, tenaga kerja, peralatan, inventori, dan pada akhirnya kepada peningkatan pendapatan bisnis syirkah.

Namun, tanpa perencanaan yang jelas, modal yang disetor pada akhirnya bisa jadi kas yang menganggur begitu saja, atau perusahaan tiba-tiba menjadi boros dan tidak efisien karena tambahan modal. Atau, dikeluarkan untuk biaya atau upgrade yang tidak penting, tetapi ketika dibutuhkan malah dananya sudah habis terpakai. Kemungkinan lain yang lebih parah, tidak ada peningkatan produksi atau penjualan, malah setoran modal yang masuk hanya digunakan untuk bayar utang yang tidak mampu dibayar perusahaan.

Dengan adanya rencana yang jelas, investor dapat memperkirakan risikonya bagaimana, estimasi keuntungannya berapa (dan seberapa realistis perkiraannya), dan memantau pengelola dalam menggunakan modal tersebut. Sehingga, estimasi keuntungan yang disebutkan oleh pengelola itu ada dasarnya yang dapat dinilai apakah realistis atau tidak.

Perlu diingat, tidak ada jaminan keuntungan dan keutuhan modal dalam syirkah, sehingga investor harus cerdas dalam menilai kondisi dan memantau perusahaan.

Butuh konsultasi tentang rencana syirkah, atau ada masalah dengan syirkah saat ini? Hubungi SWM via WhatsApp untuk buat jadwal konsultasi syirkah bersama SWM di 082-12345-9661

#IngatSyirkah #IngatSWM